Senin, 16 Maret 2015

Modifikasi Honton BGA Rework Station

Bga rework station Adalah Alat solder BGA chip, Terdapat banyak type dan model dipasaran, Dari jenis Pemanasan Lampu, Infrared Ceramic, dan Hot Air.
 Dari jenis tersebut Dibuat oleh berbagai macam industri, mulai dari Industri besar sampai dengan industri rumahan / home Industri.
Dari jenis pemanasan diatas, Mesin Bga rework juga memiliki banyak spesifikasi pendukung, yang berbasis microcontroller untuk pengoperasiannya, dari yang manual, tuchscreen, semi automatc dan automatic.
Dan juga terdapat perbedaan zona pemanasan, ada yang 2 zona, terdiri dari Top(atas) dan bottom(bawah), ini terdapat umumnya pada bga rework Sytem IR heater seperti, LY6000, Ly9000, Jovy Re7500, 8500 dan Jetronic Eco,dll. Ada pula 3 zona pemanasn, terdiri dari Top, Bottom dan preheat. yang pada umumnya mennggunakan system hotair untuk Top dan Bottom, ini terdapat pada, seperti Honton, Ly, Ir, Chinafix, Zhuomao,dll.







Bga rework yang beredar dipasar Indonesia, pada umumnya produksi home Industri china, Mereka membuat mesin yang sangat sederhana sampai teknologi tuch screen control, sebut saja merk Honton, Chinafix, Ly, Ir, dll.
Dengan Design yang bagus, dan kokoh, tapi tersembunyi kelemahan yang berakibat fatal.

Yang namanya produksi Home Industri, tentu banyak kekurangan dalam perakitannya, Sangat tidak presisi, dan tidak akurat, sehingga banyak teknisi yang membeli produk tersebut menjadi sangat kesulitan dalam pengoperasian secara maksimal,

oleh karena itu sangatlah penting untuk meanalisa lebih detil produk yang kita beli, yang pasti tanpa modifikasi maksimal, maka Kita akan sangat sering menemukan kegagalan dalam penggunaannya.

Kelemahan dan kelebihan:

Pada dasarnya Bga rework adalah alat pemanas untuk pencairan timah bga, apapun teknology yang diterapkan, tetap untuk tujuan yang sama, mungkin kita tertarik dengan teknology canggih, seperti yang automatic system, yang sebenarnya sangat merepotkan dalam pengoperasiannyan, Padahal tujuannya hanya itu itu saja, yaitu mncairkan bola timah, namun memang dilengkapi dengan segala macam aplikasi mekanik dan visual yang lengkap dan baik.

Kelemahan pada umumnya Bga rework terdapat Pada pemanasan yang tidak rata, Ini sangat jelas terdapat pada system 2 zona heater, sehingga sekarang sudah di upgrade ke 3 zona,

Pada 2 zona heater, seperti IR6000,jovy Re7500,8500,Jetronic Eco,dll yang menggunakan pemanas Infrared ceramic atas dan bawah, sangat jelas mmiliki pemanasan yang tidak merata, kalau kita perhatikan dan selidiki, maka pemanasan pada ceramic tidak terpusat, oleh karena itu banyak teknisi yang memodifikasi ceramic heater itu dengan Elstein Ir ceramic Produksi Jerman,



 tapi tetap dengan kelemahan yang sama, yaitu pemanasan yang tidak merata pada ceramic heater tsb, ini terbukti apabila kita seting dengan suhu sedang, sehingga kita akan melihat ceramic akan menyala merah yang tidak seragam


dan kalau pada suhu maksimal, tentu kita tidak dapat membedakannya, ini berakibat pada pencairan timah yang tidak seragam, sehingga titik lebur tidak terjadi secara keseluruhan pad / titik pada Chip dan membuat kita cendrung menambah waktu atau meningkatkan suhu, tentu ini hal ini juga menambah panas pada sisi yang sudah mencapai titik lebur, nah inilah yang memicu kerusakan IC dan popcorn pada PCB.

Hal yang sama juga terjadi pada system 3 zona, namun tidak separah seperti 2 zona, sebab pemanasan terpusat pada Chip yang dimaksud, pada 3 zona yang menggunakan Hot air atas dan bawah, serta ditambah IR ceramic untuk preheat, sehingga pemanasan bawah menjadi lebih luas
IR ceramic preheat ini berfungsi untuk menjaga suhu tengah agar tidak banyak diserap oleh permukaan pcb yang tidak terkena hembusan udara top dan bottom, Ini sangat memaksimalkan dalam proses penciran bola timah yang lebih akurat dan cepat.

Namun walaupun Hot air lebih baik dalam penerapan system pemanasan, terdapat kekurangan yang tidak kita sadari, untuk pcb ukuran sedang dan kecil seperti laptop, mungkin tidak akan banyak bermasalah, namun pada pcb ukuran yang besar seperti PS3 maka kita akan sering bermasalah, apalagi bagi pemula.

Setelah saya analisa Produk seperti Honton R392 dll, Hot air yang digunakan sama dengan Hotgun merk BOSCH, dengan memodifikasi system fan, agar tidak berisik seperti aslinya(bosch), elemen pemanas yg digunakanpun sama persis dengan elemen hot gun biasa, namun dengan ukuran kawat lebih banyak dengan diameter kawat lebih kecil agar sesuai dengan suhu yang dibutuhkan saja, tentu dengan daya menjadi lebih ringan, sekitar 800w.


Tapi saya meanalisa lebih mendalam, ternyata rakitan pada hot air sangat tidak sempurna, dan relativ sangat tidak tahan karena menggunakan mika plat untuk penampang koil elemen



sepertinya para produsen tidak terlalu memikirkan hal itu, mika plat itu akan melebar/mekar, sehingga jalur udara akan menyempit, bahkan seiring waktu pemakaian yang lama, mika yang mekar itupun menjadi rontok, sehingga aliran udara menjadi lebih kacau dan tanpa disadari akan terjadi penurunan performa dari waktu kewaktu
bagi yang belum merasakan, tentu memandang sebelah mata dengan tulisan saya ini, dan bagi yang sudah merasakan tentu akan sedikit bingung dengan keadaan ini, seperti saya pada awalnya.
 Bukan itu saja, disain yang sangat ceroboh dengan menggunakan Hot air yang mengadopsi 100% dari Hot Gun, sebab Hot gun tidak membutuhkan presisi udara panas, sebab perataan panas dilakukan dengan manual atau digenggaman tangan dan memang tidak diperlukan juga untuk fungsi hot gun tsb, gak ada resiko apapun yang terjadi bila udara panas itu tidak rata pada tiap sisinya, tapi bila ini dipakai untuk BGA rework, maka hal itu berakibat FATAL

Kemudian hal ini seperti disadari cepat oleh Chinafix, LeiKe dll sehingga Hot air yang mereka gunakan tidak lagi mengadopsi langsung dari Hotgun, sebagaimana pada produk mereka terdahulu, Chinafix seperti sudah memikirkan atau memang menyadari ketidak rataan udara panas tsb, sehingga mereka mengganti total hotair yang digunakan, dengan produk sendiri,


 bahkan menambahkan sirip pada keluaran udara, yang dimaksud agar udara panas merata,



 namun, desain sebaik apapun tidak akan sempurna tanpa quality control yang baik pula, disini kelemahan pabrik berskala industri rumahan( home industri), Disain yang bagus dan sempurna namun tidak didukung dengan kontrol yang bagus, sehingga chinafix juga tetap menyisakan kekurangan yang tidak terlihat, dan siap siap akan menerjang penggunanya yang dalam kelengahan, berpuas diri serta bangga.

Dari uraian diatas, saya maksudkan untuk menambah masukan bagi teman teknisi, mungkin bukan hal besar tapi cukup menyusahkan. dan ini juga sedikit masukan untuk yang akan membeli mesin BGA, dan untuk teman yang sudah memiliki namun dengan kegalauan dan kegagalan.

Bagi teman yang ingin membeli mesin BGA, maka yang pasti "tidak ada gading yang tidak retak", kesempurnaan tidak akan kita dapatkan pada produk apapun, apalagi produk dalam kategori murah ( kurang dari 45jt ).

Saya sarankan agar mesin disempurnakan sebelum digunakan.
Bagi yang tidak dapat menyempurnakan mesin bganya, Kami melayani penyempurnaan mesin tsb, sehingga, mesin bga bekerja dengan performa yang maksimal, dengan pemanasan yang merata disetiap titik, ini bukan berarti memperbaiki, sebab memang tidak rusak, hanya belum maksimal

Penyempurnaan untuk Hot air Bga Rework

           Honton R390. R392, meliputi:
1. Perubahan pada system Fan
       Sehingga fan atas dan bawah dapat dimatikan serentak dengan fan pendinginan, secara otomatis dapat hidup ketika proses dimulai.

2. Perubahan pengatur keluaran udara atas.
       Sehingga kecepatan fan atas dapat diatur sampai kecepatan minimal

3. Penggantian System pemanas atas dan bawah
       Sehingga udara yang keluar sempurna udara panas, tanpa ada bercampur dengan udara segar, Elemen heater deiganti dengan ceramic, sehingga dapat berumur panjang dengan kualitas pemanasan konstan.

Total biaya Rp 2.500.000,- (tidak termasuk ongkir).

Hasil akhir akan diberikan bukti perubahan sebelum dan setelah disempurnakan, sehingga anda dapat melihat kualitas keluaran panas yang pasti.

nb: Bagi yang belum menguasai penggunaan mesin BGAnya, maka setelah disempurnakan, akan cepat dapat menguasai mesin tsb.

Bahan yang dibutuhkan untuk modifikasi hot air atas dan bawah, antara lain:

1. Keramik heater Elemen 800w:, gambarnya kurang lebih seperti ini:




Harga sekitar Rp850.000/pcs ( Lihat disini ), dibutuhkan 2 pcs untuk atas dan bawah ;

2. Kertas mika fleksibel 9cm x 30cm ;




Harga Rp35.000/ lembar ( lihat ), dibutuhkan -/+ 8 lembar sebagai insulasi elemen keramik

3. Sirip keluaran udara hot air

Sirip ini sebaiknya digunakan untuk Hot air Bawah, Nozle bawah harus dicopot filter udaranya ( nozzle mess ), sehingga tidak ada penghalang udara, sebab dengan sirip ini hembusan sudah berputar dan merata

harga kunjungi disini


Cara penggantian sangat mudah;
1, Buka elemen heater original, dari tabungnya, ini....:

hingga seperti ini:


2. Bungkus elemen keramik dengan kertas mika fleksibel sampai ketebalan yang sesuai dengan diameter tabung heater





 kemudian masukkan ke tabung heater yang sudah di buka elemen original tadi.



3. Pasang kembali tabung heater dengan lengkap pada dudukannya.

4. Sambungkan Kabel elemen ke pcb yang ada.

5. Kalau pemasangan sudah sempurna, maka modifikasi sudah selesai.

6. Oleh karena elemen pemanas diganti, maka perlu penyesuaian setingan controller ( Factory setting ), kalau tidak maka suhu akan tidak stabil, akan jelas terlihat pada grafik monitor computer.
untuk setingan ini hubungi saya ke no hp dibawah

Bagi yang berminat mengerjakan sendiri, kami menyediakan seluruh bahan yang dibutuhkan seperti keramik elemen dan kertas mika, yang siap pasang.
 Hubungi hp: 0813 6305 1994.

Bagi yang ragu membeli langsung dengan kami, dapat diproses melalui Tokopedia

Chinafix CF-260, CF360 :

1. Perubahan pada system Fan
       Sehingga fan atas dan bawah dapat dimatikan serentak dengan fan pendinginan, secara otomatis dapat hidup ketika proses dimulai.

2. Penyempurnaan Element atas dan Bawah.
       Sehingga udara panas menjadi lebih presisi dan sama rata disetiap sisi.

Biaya Rp 1.250.000.

Kalau mau lebih bagius dalam pengontrolan, dimana chinafix cf360 kebawah, memiliki control terpisah, dan tidak dapat disambung ke komputer, sehingga tidak dapat dilihat grafik peningkatan suhunya.
dengan penambahan Biaya Rp985.000.

untuk cf-360t keatas, sudah menggunakan controller system tuch screen, juga sudah dilengkapi control fan switch.
Jadi CF-360T keatas hanya penyempurnaan Hot air saja
Biaya Hanya Rp750.000.

Untuk info silahkan sms/call Di 0813 6305 1994






10 komentar:

  1. bos kalau di ganti keramik untuk IR 6000 sama yang estein tadi kena berapa ....dan kalau buat IR6000 si bos juga untuk pelatihannya ...soalnya saya sudah terlanjur beli IR600
    tolong di balas ya om

    BalasHapus
  2. saya g jual elemen elstein, kalo mo beli klik aja elstein diatas. untuk pelatihan ir6000 bisa dgn ebooknya, via email, dibimbing sampai bisa via hp / telp

    BalasHapus
  3. mas, mau tanya saya punya IR6000 merek Scotle, pemanas bawah memakai ceramic 600W kali 3 heater total 1800 Watt, Pemanas atas memakai ceramic 400Watt, pertanyaan saya adalah :
    1. apakah saya bisa menukarnya pemanas atas dengan Ceramic Plates 250W merek Elstein??
    2. bagaimana mengetahui bahwa panas itu tidak rata di papan board nya mas??

    tolong di balas ya mas

    BalasHapus
  4. 1. bisa aja gan
    2. dapat dicek ditiap sisi menggunakan infrared thermometer

    BalasHapus
  5. Sy mau tanya
    Apakah honton 392 fan bawah g bisa di atur di air volume control hanya fana atas sja yang bisa?

    BalasHapus
  6. Bos ht-r392 punyaku panasnya ngak merata klu di pasang sirip itu bisa rata ngak bos panasnya... Itu bagusnya pasang siripnya atas bawah apa bawah aja... Makasih..

    BalasHapus
  7. Saya butuh reflector fan bga honton. Apa bos punya part itu

    BalasHapus
  8. Reflector bga rework honton r392. Warna putih di dalam top nozzle atas pas kipas/fan. Yg sy punya sudah agak meleleh bos??

    BalasHapus
  9. kid-r450 bagian bottom tidak bisa panas, bisa diperbaiki?

    BalasHapus